Inspirasi Berkarya dari Rumah bagi Muslimah

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya disini

Sangking inginnya menginspirasi muslimah agar mau mulai berkarya dari rumah, saya sering menantang diri saya sendiri untuk belajar  hal-hal baru, hanya untuk membuktikan bahwa ada banyak karya yang bisa kerjakan dari rumah. Ada banyak kebaikan yang bisa kita sebarkan meskipun 'hanya' dikerjakan di rumah.

Suatu ketika, pengajian kecil saya mengadakan tugas agar tiap individu mengisi pengajian kecil kami dengan ketrampilan yang kami kuasai. Singkat cerita, salah seorang teman pengajian mengisi dengan pengetahuan dasar kerajinan sulam pita. 

 Dari situlah saya mulai jatuh cinta dengan kerajinan sulam pita. Selain karena bahannya murah, dia juga bisa merubah kain yang polos menjadi bernilai jual tinggi. 

Disela-sela kesibukan saya sebagai ibu rumah tangga, ketika ada waktu luang saya habiskan untuk memperdalam ilmu sulam pita. Belum puas sampai disitu, saya pun membeli beberapa buku tentang sulam pita.  Setelah  merasa ilmu sulam pita saya cukup,  saya  mengajarkan ilmu sulam pita tersebut kepada ibu-ibu disekitar rumah kontrakan saya. Sejak itu  saya sering di minta untuk memberi pelatihan Sulam Pita baik oleh instansi pemerintah atau lembaga-lembaga swasta yang mewadahi kegiatan ibu-ibu.  







Setelah puas dengan ilmu sulampita,saya kembali iseng belajar  kreasi jilbab, kebetulan saat itu virus kreasi jilbab sedang mewabah di indonesia. Saya pun rajin melihat tutorial hijab di youtube, praktek kreasi jilbab di depan cermin, belajar dari malajalah dan tabloid. Setelah saya rasa ilmu saya cukup, saya pun mengadakan kelas kreasi jilbab GRATIS di rumah. Alhamdulillah pesertanya membludak. Pada waktu-waktu selanjutnya saya pun memasang tarif yang lumayan bagi peserta kursus kreasi jilbab. Saya juga serng di undang untuk mengisi pelatihan kreasi jilbab oleh berbagai pihak. Dan tentu saja, selain menyenangkan, kegiatan tersebut juga bernilai secara ekonomi.














Yang terakhir, kemarin saya sempat pusing dengan limbah konveksi yang menumpuk. dirumah. Setelah berbulan - bulan browsing di internet dan tidak kunjung menemukan jawaban mau diapakan perca kain-kain itu. 
Akhirnya saya bertemu sahabat yang saat ini berbisnis BROSS dan ternyata sukses besar. Hhhmm... semenjak itu saya tertantang untuk mempelajari kreasi pembuatan bross dari kain perca. Seperti biasa, saya mengunakan youtube sebagai media andalan pembelajaran. Kebetulan saya juga mempunyai patner penjahit yang cukup pandai dalam banyak hal, dia mengajari saya beberapa tekhnik yang  belum kuasai dan tidak saya temukan di youtube. 
Dari situ saya kembali membuat kelas KREASI BROSS dari Kain perca. Dan alkhamdulillah pesertanya cukup banyak. sampai saat saya menulis ini, setidaknya sudah ada sekitar 55 orang (4 hari)  yang ikut kelas KREASI BROSS yang saya adakan. Dan kalo bisnis ini diseriusi, tentu saja akan bernilai ekonomi cukup tinggi. Workshop KREASI BROSS-nya bisa dijual, Produk BROSS yang kita buat dari kain perca pun bisa dijadikan bisnis dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi. 


Semoga ini bisa menginspirasi anda, bahwa ada banyak karya, ada banyak kebaikan yang bisa kita sebarkan dari rumah. So teruslah berkarya dari rumah muslimah sholihah...


CONVERSATION

0 komentar: