Kisah Sukses Pengusaha Mukena Katun Jepang

Saya mengenal mba nita secara tidak sengaja. Fb-nya mondar mandir di wall saya setiap hari dengan puluhan comment. Saya begitu kepo, siapa wanita cantik ini? Setiap Up Load foto mukena selalu di comment puluhan orang yang belakangan saya tau mereka adalah reseller-reseller mba Nita.
Bermodal nekad saja saya menyapanya lewat INBOX fb. Alhamdulillah Mba nita ramah banget. Ketika saya sampaikan niat saya mewawancarainya, agar kisah suksesnya sebagai pengusaha muslimah bisa menginspirasi muslimah lain, beliau menyangupinya. Semua ilmunya dibagi, mba Nita tidak pelit Ilmu. Asala tau saja, saat saya wawancara (September 2015) Kapasitas Produksi Mukenanya mencapai 1.000 pc/bulan dan gamis mencapai 800pc / bulan.
Semoga wawancara saya dengan mba Nita berikut menginspirasi banyak muslimah lain yang mungkin ingin membesarkan BRAND-nya sendiri. Terutama yang ingin merintis produksi mukena.

Sejak tahun brp mba nita, memulai usaha? Dulu mulainya seperti apa?
Wa alaikum salam mba indah, kalo usaha yang bikin produk sendiri/ produksi sendiri itu sejak sekitar tahun '99. Mulainya dari jualan online, jadi reseler dulu, karena ndak ada modal,  ngumpulin modalnya dari jualan jadi reseler. 

Jadi tetep mulainya dr nol ya mba? Karena banyak orang itu tidak percaya bahwa banyak bisnis yang besar itu, mulainya juga dr nol.
Dari nol mba. dari jualan retail, tidak mengerti sama sekali tentang fb, apalagi soal jualan online. Belajar sambil nekat langsung eksekusi he..he..he.. Istilahnya Learning By Doing. Saya tipikal nekat sih, asal jalan dulu aja.

Kalo boleh tau, berapa orang yang membantu mba Nita produksi dan jualan Mukena ini?

Yang khusus menjahit 12 orang mba, Cutting 1, Qc 1,Admin 1, Tenaga kemas 1, Packingg , Jadi total 17 orang.Dengan Kapasita Produksi 1.000 pc Mukena/ bulan dan 800pc Gamis / bulan.

Ada  saran / pesan buat mereka yang ingin memulai usaha?

Sarannya :
1. Kalau sudah ada niat, jagan ragu-ragu, karena kita tidak  pernah tau, kapan jatah kita untuk berhasil dan kalaupun belum jatahnya ya it's oke,  paling tidak kita sudah selangkah lagi untuk berkembang.
2.Fokus, apapun yg akan kita kerjakan, harus fokus, agar kita tidak bingung ditengah jalan.Ibarat kata, kita mau menuju ke tempat A, ya kita harus tentukan kendaraan apa yg kita pakai. Jangan semua kendaraan dicobain, kapan sampenya? Ha..ha..
3.Jangan lupakan kekuatan langit, kekuatan yang Sang Maha Pengatur Kehidupan dengan doa dan sedekah.


Cerita mba, masa-masa sulit, mungkin hampir putus asa... saat merintis usaha... yang kalau mba ingat bisa meneteskan air mata....
Saat merintis usaha mungkin yang paling berat adalah soal modal. Saya crita yang untuk produksi mukena aja ya mba.
Saya tinggal di lumajang sementara workshop produksi mukena ada di tulungagung. Otomatis proses produksinya saya remote dari jauh, Hufff disitulah perjuanganna. Butuh ekstra waktu dan tenaga untuk.wira wiri Lumajang - Tulungagung.Apalagi semua masih dihandle sendiri,semntara permintaan tinggi tapi modal modal terbatas. Ya berjuang, sekuat tenaga bisa mencukupi permintaan. Sampe alhamdulillah kapasitas produksi tiap bulan bisa stabil


Sekarang masih tinggal di Lumajang?
masih, seminggu sekali saya ke Tulungagung.

 
Terus masalah pemasarna gimana mba, mulainya dari mana kok bisa permintaan tinggi, padahal produknya kelas premium? Maksud saya kalo jual murah terus laris kan wajar, punya mba  Nita kan, bahannya yang bagus, jahitannya halus jadi harganya bisa tinggi. Tapi tetap bisa laris. Gimana tuh Teknik pemasarannya?



Xixixi...Aku cerita awalnya muncul produk mukena ya mba...sebetulnya semua berawal dari ketidaksengajaan. Jelas mba Nita.

Sebelumnya saya sudah pernah produksi produk fashion mbaatapi vacum lama. Lalu terjuan ke salah satu bisnis MLM.
Sampai suatu ketika saya mengantar ibu saya jalan. Lihat motif katun jepang kok cantik-cantik. Akhirnya saya beli kain cantik itu buat dibuat mukena. Rencananya mau dipake sendiri, tapi iseng saya banyakin beli kainnya. Jadi deh sekitar selusinan mukene katun jepang.
Iseng dijual lewat BBM, Alhamdulillah  langsung habis

Nah, dr testi custumer inilah, akhirnya banyak permintaan, krn kualitas jahhitan dan bahan alhamdulillah bisa diterima.
Produksi kedua sudah naik jumlahnya,begitu seterusny... Sampe bulan ke 4 menjelang puasa, dibuka keagenan, jadi saya hanya melayani  khusus grosir.
Dan karena permintaan tinggi, dibukalah sistem PO sebulan.Alhamdulillah, 5 bulan produksi total mukena yang diproduksi hampir 5.000 pcs
Murni hanya dr agen online mba.tidak ada agen offline. Jadi semua pemasaran online.
Prinsip saya, kwalitas nomor 1, harus dijaga terus, jd ♏αΰ dijual harga berapa, inssyallah tetep laku.
Dari awal 2014. Baru 2 sesyen lebaran ini mba.





pemasarannya murni fb saja berarti yaa?

Iya mba
Fb aja
Bukan fp
Krn ndk punya banyak waktu buar ngurussi sosmed lainnya
♏αΰ fokus produksi aja, biar agen ♈ªήğ mahir marketing


Pake fb ads berarti ya mba? ngiklan di fb gitu?
yang ini pertanyaanQ sndiri, emang kl aq pengen produksi gitu keuntungan ke agen normalnya aq ngambil brp sich mba? kl ngambil untung ke agen (yg kulak ke aku mau dijual lagi) ngambil 20% itu kebanyakan atau kesedikiten mba?

Ndk pake fb ads mba, biasa aja, natural
Kita ngasi ke agen?
Tergantung harga retail brp mba
Antara 25-30%

Wahhh kl gitu luar biasa mbaaa... ngak ngiklan ngak apa bisa sebesar itu...

B randing mba.Kekuatan personal branding

Setaun awal aku brandingkan ayuuma
Piye caranya org kenal produk kita

Jd, ketika agen jual merk ayuuma, pembeli sdh tau Ayuumaa itu spt apa kualitasnya, alhamdulillah agen terbantu dgn ini
Branding : gmn caranya melekatnya merk itu ke ingatan custumer
Org sebelumnya kenal aku kan jualan prodduk skincare, awalnya kan aku pake nama fb melileanita, ini salah satu cara utk branding
Pas produksi ayuuma,aku manfaatkan ini
Org banyak kenal nita, jadilah aku modeli sendiri utk foto produk
Melekatkan produk mukena ini produksinya nita
Gitu sih gampangannya mba
 
 Pertanyaan terakhir
1. mba nita pnya amalan rahasia apa? apa berbakti sm ortu, apa shadaqah atau apa?
2. anaknya brp? tnya umur mba nita boleh nga? (biasanya wanita suka nyembunyiin umurnyaa..

Tidak ada amalan rahasia mbaaa. Biasa aja, kalo berbakti ya wajib, shadaqoh ya sebisa mungkin, mungkin kebiasaan saya suka crita, berbagi pengalaman kdg bisa jd semangat buat temen lain, doa dr temen2 ini kali ya yang memudahkan

Ketika kita berbagi cerita, menyemangati orang lain, bukan berati kita selalu full off energy, adakalanya, saat sy down, sy butuh moodbosster, sy malah asik menyemangati org lain, berharap energinya bisa ikut sy serap
Itu aja sih yang sering.

Baik mba trimaksih sudah berbagi ilmunya yaaaa?

NOTE : wawancara oleh Indah Triwahyuni Hijab Designer of ANNORA

CONVERSATION

0 komentar: